Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin (JAMMU)
Vol. 1 No. 2 (2022): : Agustus: Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin

SOSIALISASI PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DESA BUTUKAN DAN KODOLAGON KEC. BOKAT KAB.BUOL

Candra Cuga (Universitas Negeri Gorontalo)
Yuli Adhani (Universitas Negeri Gorontalo)
Muhammad Sarlin (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Konflik dan kekerasan dalam iklim sosial sekolah dapat memberikan dampak negatif terhadap proses belajar siswa. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dipandang sebagai pintu gerbang untuk melaksanakan tugas pengembangan budaya bagi pelajar, maka sekolah harus memiliki kekuatan strategis untuk menciptakan budaya positif sesuai dengan falsafah masyarakat. Jika diperhatikan keadaan saat ini, iklim sekolah tidak selamanya damai dan aman. Hal ini karena konflik dan kekerasan sering terjadi pula di sekolah dalam bentuk konflik dan kekerasan sederhana maupun serius. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya sosialisasi tentang Pendidikan anti kekerasan melalui kurikulum pendidikan dasar yaitu sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi/universitas. Sekolah Dasar Desa Butukan dan Kodolagon merupakan salah sekolah di Kabupaten Buol memiliki potensi untuk menerapkan Pendidikan anti kekerasan secara kurikuler. Analisis kebutuhan dapat tercermin dari strutur sosial sekolah yang mencerminkan keberagaman dari sisi etnis, agama dan ekonomi siswa maupun guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAMMU

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin adalah jurnal pengabdian Masyarakat yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, ...