Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103000 AEK JANGKANG KEC. PADANG BOLAK KAB. PADANG LAWAS UTARA

Poltak Pembangunan (pendidikan guru sekolah dasar)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat 1) Penggunaan Metode Investigasi Kelompok pada pelajaran IPS  Materi Koperasi di Kelas V  SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. 2) Peningkatan pengetahuan siswa tetang IPS  Materi Koperasi menggunakan  Metode Investigasi Kelompok pada siswa Kelas V  SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS  Materi Koperasi di kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...