Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 3 (2022): Vol. 2 No. 3 Edisi Agustus 2022

PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSHAPP KELAS IV B SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU

abdul Jalil (ipts)
Sabri (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Zulfadli (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nurzanna (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp kelas IV B SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp khususnya siswa kelas IV B SD Negeri 200402 Sabungan Jae dan 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp khususnya siswa kelas IV B SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Jenis penelitian adalah Penelitian Kualitatif, objek penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Selanjutnya ditetapkan informan penelitian adalah siswa kelas IV B beserta orang tua siswa. Alat pengumpul data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Persepsi orang tua siswa mengenai pembelajaran daring berbeda namun pada intinya orang tua siswa sangat merasa tidak nyaman dengan proses belajar pembelajaran yang sekarang yaitu pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp karena melalui pembelajaran menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut membuat pekerjan orang tua sehari-hari terganggu karena anak tingkat SD belum sepenuhnya mampu menggunakan alat tekhnologi dengan benar dan otomatis orang tua harus mendampingi anak saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan lewat aplikasi Whatsapp dan hasil belajar siswa yang diharapkan pun tidak optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...