Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 2 (2022): Vol. 2 . No. 2 Edisi Mei 2022

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Di Kelas III Sd Negeri Panompuan

ardo kombang (IPTS TAPSEL)
Hanafi (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Monica Theresia (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nurzanna (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Royhanun Siregar (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Abstrak Penelitian yang penulis laksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun judul yang peneliti angkat yaituPeningkatan hasil belajar siswa sub tema manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia menggunakan model pembelajaran two stay two stray di kelas III sd negeri Panompuan. Adapun hasil penilaian yang peneliti lakukan yaitu,Persentase aspek RPP pada siklus Imemperoleh presentase 82% dengan kualifikasi baik (B),dan pada siklus II meningkat menjadi 90,90%dengan kualifikasi Sangat Baik (A). Dapat dilihat bahwa hasil pengamatan RPP mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil penilaian pada aspek guru pada siklus I memperoleh presentase 78% (B),dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 92,25% (A). Hasil penilaian aspek peserta didik pada siklus Imemperoleh presentase 70% (C),dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% (A). Dapat dilihat bahwa presentase hasil pengamatan pada aspek guru dan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada aspek sikap siklus I memperoleh rata-rata kelas dari 64,48 (C), dan pada aspek sikap siklus II memperoleh rata-rata 78,12 (B). Pada aspek pengetahuan siklus I memperoleh rata-rata kelas 69,26 (C), dan pada siklus II aspek pengetahuan meningkat menjadi 88,6 (A). Dan pada aspek keterampilan siklus I rata-rata kelas 73,73 (D), dan pada siklus II memperoleh rata-rata kelas 87,20(A). Kata Kunci: Hasil_Belajar, two_stay_two_stray, PTK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...