Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine)
Vol 10, No 2 (2022)

EVALUASI AKADEMIK HASIL PERKULIAHAN METODE FLIPPED LEARNING DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEDOKTERAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Nurul Mahmudah (Unknown)
Ariani Ratri Dewi (Unknown)
Rizki Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

ABSTRAK Pendahuluan: Pada saat ini FK UNISMA melakukan pembelajaran daring untuk upaya pencegahan COVID-19 dan menghadapi beberapa kendala. Adanya hambatan tersebut menciptakan inovasi pemilihan strategi pembelajaran salah satunya yaitu perkuliahan metode flipped learning. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring yang berdampak pada peningkatan performa akademik mahasiswa.Metode: Penelitian dilakukan secara observasional analitik dengan cross sectional. Blok Fisiologi Hematoimunologi dipilih karena pada data akademik menunjukkan nilai belum memuaskan. Responden 110 mahasiswa yang masuk dalam kriteria inklusi. Perkuliahan metode flipped learning dinilai berdasarkan uji beda pretest dan posttest kuliah Imunologi Vaksin. Sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa diukur menggukanakn kuesioner OCSS (Online Course Satisfaction Survey), interpretasi didapatkan dari nilai rata-rata perhitungan kuesioner. Uji mediasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan berpengaruh pada hasil belajar metode flipped learning terhadap performa akademik. Analisa data dan statistik menggunakan uji regresi logistik ordinal untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas dan terikat. Hasil dikatakan signifikan apabila nilai p < 0,05.Hasil: Flipped learning pada kuliah Imonologi Vaksin menunjukkan hasil pretest dan posttest yang signifikan dengan uji wilcoxon (p 0,000). Demikian juga dengan pengaruhnya dengan performa akademik metode flipped learning menunjukkan hasil yang signifikan (p 0,012) melalui uji regresi logistik ordinal. Pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa dengan performa akademik menunjukkan hasil yang signifikan (p 0,028). Faktor yang paling berpengaruh adalah hasil belajar perkuliahan metode flipped learning. Hasil uji mediasi (p 0,000) menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa tidak memediasi mutlak hubungan antara perkuliahan flipped learning terhadap performa akademikKesimpulan: Hasil belajar perkuliahan metode flipped learning dan tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap performa akademik.Kata Kunci:  flipped learning, performa ujian mingguan, tingkat kepuasan, pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkkfk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Kedokteran Komunitas merupakan salah satu jenis jurnal akademik bidang kedokteran atau kesehatan di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian. Artikel ilmiah ini juga mencangkup hasil-hasil penelitian terbaru dan tulisan ilmiah lainnya di bidang biomedis, ...