Intermathzo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol. 3 No. 2 (2018)

Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Karimah (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Elly Retnaningrum (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan untuk membantu memudahkan dan memperlancar seseorang untuk mengemukakan gagasan atau ide-ide yang dimiliki dalam memecahkan permasalahan yang bersifat abstrak ke dalam bentuk simbol, gambar, grafik, ataupun diagram. Rendahnya kemampuan representasi matematis menyebabkan siswa kesulitan dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian masalah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yaitu dengan melalui pendekatan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Tujuan penggunaan model pembelajaran CIRC pada penelitian ini yaitu untuk meningatkan kemampuan representasi matematis. metode dalam penelitian ini adalag quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Bina Warga Bandung tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-AP1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-AP2 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan representasi matematis berupa tes bentuk uraian. Kesimpulan yang dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis setelah menggunakan model pembelajaran CIRC dengan peningkatan sebesar 0,77 dengan kreteria peningkatan kemampuan yang tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

intermathzo

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

INTERMATHZO yang kami artikan sebagai zona tau area antar matematika merupakan Jurnal Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana. Terbit setahun ...