AbstrakPermintaan pasar terhadap produk rempah (jamu) meningkat tetapi produktivitas masih belum sebanding dengan permintaan. Dalam memenuhi permintaan pasar, produsen lebih memperhatikan preferensi masyarakat terhadap suatu produk tersebut untuk dapat mempengaruhi masyarakat dalam keputusan konsumsi pada produk rempah (jamu). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor dominan yang mempengaruhi keputusan konsumsi terhadap produk rempah (jamu). Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan metode convinience sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Penilaian kuesioner menggunakan skor likert dan dianalisis regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan konsumsi adalah pendapatan dengan nilai terbesar 0,342. Hal tersebut dikarenakan pendapatan berpengaruh terhadap keputusan konsumsi, dimana masyarakat dalam mengkonsumsi produk rempah (jamu) menyesuaikan dengan keadaan perekonomian atau pendapatan. Dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan produsen dalam meningkatkan kualitas produk yang disesuaikan dengan preferensi masyarakat dan harga jual yang ditawarkan terjangkau agar dapat memenuhi permintaan pasar.Kata kunci: Keputusan konsumsi, produk rempah (jamu)
Copyrights © 2022