Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 9 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Metode Dikusi Kelompok Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bilo

Jusmiati, Jusmiati ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2015

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bilo pada mata pelajaran PKn. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini di gunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (techer oriented) . Untuk hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode diskusi dalam mengajarkan PKn di kelas IV SDN 2 Bilo. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Hal ini terdapat pada lembar observasi aktifitas siswa dengan guru dalam kegiatan pembelajaran siklus satu dan siklus dua berada dalam kategori baik, sedangkan berdasarkan hasil tes siklus I siswa tuntas individu 13 orang. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 95%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Bilo. Kata Kunci: Metode Diskusi, PKn. Hasil Belajar

Copyrights © 2016