SCIENCE ELECTRO
Vol 14, No 2 (2022): Science Electro

PENERAPAN SCADA BERBASIS IOT UNTUK SIMULATOR KONTROL PANEL PADA CONTOH KASUS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTM)

Amin Supriyono (Universitas Islam Malang)
Muhammad Jasa Afroni (Dosen Pembimbing I Universitas Islam Malang)
Oktriza Melfazen (Dosen Pembimbing II Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2022

Abstract

Beberapa PLTM di Indonesia belum dilengkapi dengan sistem SCADA. Ketiadaan sistem SCADA mengakibatkan pengoperasian PLTM harus dilakukan secara konvensional. Dengan sistem SCADA, pengawasan pada peralatan dapat dilakukan secara terus menerus dan terpusat sehingga pengoperasian peralatan bisa lebih optimal. Penambahan/pemasangan suatu alat (sistem SCADA) yang terkait dengan sistem operasi PLTM, tentu memerlukan ijin dari pihak pengelola PLTM. Agar dapat menggambarkan dampak adanya sistem SCADA pada sebuah PLTM tanpa harus melakukan pemasangan secara langsung pada sistem PLTM, maka diperlukan adanya simulator yang dapat digunakan sebagai interface untuk menghubungkan antara sistem SCADA dengan sebuah prototype kontrol panel PLTM yang dapat menggambarkan proses atau alur pengoperasian sebuah PLTM secara ringkas. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode analisis. Penelitian ini menghasilkan sebuah simulator kontrol panel berbasis SCADA yang menggunakan IoT sebagai kontroller serta internet sebagai perantara untuk menghubungkan manusia dengan peralatan dilapangan. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu Simulator yang dibuat begitu penting untuk mempelajari bagaimana mendesain sebuah sistem SCADA yang murah dengan menggunakan IoT, serta menjelaskan bagaimana alur proses PLTM dan apa saja yang dikontrol dan diawasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jte

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Energy

Description

SCIENCE ELEKTRO adalah sebuah jurnal ilmiah terbitan jurusan teknik elektro Universitas Islam Malang yang berisi tentang ilmu-ilmu teknik elektro baik dalam konsentrasi sistem tenaga listrik, elektronika maupun ilmu-ilmu komputer. penulis jurnal terdiri dari para dosen di lingkungan universitas ...