SCIENCE ELECTRO
Vol 14, No 3 (2022): SCIENCE ELECTRO

RANCANG BANGUN PROTOTYPE PENEBAR PAKAN OTOMATIS DENGAN KENDALI PH PADA KOLAM LELE BERBASIS ARDUINO UNO DAN SISTEM INTERNET OF THINGS (IoT)

Deny Rusdianto (Fakultas Teknik Universitas Islam Malang)
Fawaidul Badri (Fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Malang)
Efendi S Wirateruna (Fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Telah dilakukan penelitian “Rancang Bangun Prototype Penebar Pakan Otomatis DenganKendali pH Pada Kolam Lele Berbasis Arduino Uno Dan Sistem Internet Of Things (IoT) ”.Penelitian ini bertujuan untuk mebuat prototype sistem penebar pakan otomatis sesuai jadwalyang ditentukan menggunakan sensor ketinggian yakni sensor Ultrasonik HCSR-04 untukkesediaan pakan dan servo untuk penebar pakan dengan sistem berputar 1800, sementarakontrol kendali pH air kolam ikan lele menggunakan sensor pH probe yang dilakukan secaraotomatis dengan Arduino IDE sebagai mikrokontroller. Sistem akan dimulai ketika pembacaanpH air kolam, jika diluar batas set-point, maka relay akan ON dan menyalakan pmpa air untukmenguras selama 15 menit dan mengisi kembalivair kolam selama 15 menit. Pengujianpertama dilakukan pada sensor Ultrasonik dengan mistar, menunjukkan nilai yang hampirmendekati sempurna dengan nilai error 1,62%. Kedua pengukuran sensor pH probe denganpH meter, pengujian kedua menunjukkan nilai error 5,29%. Untuk pengujian ketiga pengujiankinerja sistem secara keseluruhan, dari hasil menunjukan bahwa sistem bekerja dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jte

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Energy

Description

SCIENCE ELEKTRO adalah sebuah jurnal ilmiah terbitan jurusan teknik elektro Universitas Islam Malang yang berisi tentang ilmu-ilmu teknik elektro baik dalam konsentrasi sistem tenaga listrik, elektronika maupun ilmu-ilmu komputer. penulis jurnal terdiri dari para dosen di lingkungan universitas ...