El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah
Vol. 1 No. 02 (2021)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

mahrusali (iai miftahu ulum)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif tersebut mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Adapun interaksi yang bernilai edukatif tersebut terjadi dikarenakan kegiatan mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar yaitu, strategi pembelajaran cooperative learning. Pembelajaran Cooperative Learning dalam konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang dipilih oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran Cooperative dianggap lebih diarahkan oleh guru, dimana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang dimaksud. Sesuai dengan konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan?, (2) Apa saja faktor pendukung, penghambat, dalam penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan yang diangkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan strategi pembelajaran Cooperative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan, dilakukan melalui (1) Perencanaan proses pembelajaran, (2) Pelaksanaan proses pembelajaran, (3) Pembelajaran kelompok dengan system diskusi, (4) Menyusun langkah langkah pembelajaran, dan (5) Melakukan evaluasi dan penilaian pembelajaran. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran Cooperative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan adalah (1) lingkungan kondusif, adanya dukungan masyarakat dan kepala madrasah, (2) kompetensi guru dalam menngelola pelaksanaan pembelajaran baik. Sedangkan penghambatnya, adalah (1) sarana ruang pembelajaran yang kurang memadai, (2) perbedaan tingkat kemampuan siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elfata

Publisher

Subject

Religion Education

Description

El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah merupakan Jurnal Ilmiah kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Pamekasan, sebagai media publikasi karya ilmiah kolaboratif antar Dosen, Mahasiswa atau Dosen dengan ...