El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah
Vol. 1 No. 02 (2021)

Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Pendidikan Psikologi Anak Didik

badrut tamam (iai miftahu ulum)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Berhubungan dengan fungsinya guru sebagai “pengajar”, “pendidik” dan “pembimbing”, maka diperlukan adanaya peran pada diri guru. Peranan guru ini akan senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan sisiwanya/anak didik (yang terutama), sesama guru, maupun dengan staf yang lain. Dari berbagai kegiatan interaksi belajar mengajar, dapat dipandang sebagai sentral bagi peranannya. Sebab baik disadari atau tidak bahwa dari sebagian dari waktu dan perhatian guru banyak dicurahkan untuk menggarap proses belajar mengajar dan berinteraksi dengan siswanya/anak didik. Oleh karena itu, penelti mengangkat judul agar sesuai dengan Peran Guru Bk Dalam Mengembangkan Psikologi Anak Didik Di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pegantenan Tahun 2018-2019. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan, Apa saja faktor dari efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan, dan Apa dampak yang ditimbulkan dari efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan ? Metodelogi penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan 2 sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan adalah trianggulasi yaitu wawancara, observasi dan dukumentasi, analisis data yang digunakan dengan cara mengkombinasikan antara berfikir deduktif dan induktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Ada beberapa hal peran guru dalam mengembangkan psikologi anak didik diantaranya sebagai berikut ; yaitu Membuat konsep yang tepat, Sebagai midiator yang baik, Memilili pengalaman yang luas, Menilai dengan adil, Menguasai bahan materi, Memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif, Memberikan fasilitas dan mendorong motivasi belajar, Memberikan bimbingan sesuai dengan keadaan, dan Memberikan strategi yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elfata

Publisher

Subject

Religion Education

Description

El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah merupakan Jurnal Ilmiah kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Pamekasan, sebagai media publikasi karya ilmiah kolaboratif antar Dosen, Mahasiswa atau Dosen dengan ...