El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah
Vol. 1 No. 02 (2021)

Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren : (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan)

abdurraahman (iai miftahu ulum)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Kurikulum Bahasa Arab merupakan sejumlah materi pelajaran atau isi pelajaran, sejumlah pengalaman belajar, dan sejumlah program perencanaan pendidikan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tertentu. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan adalah aspek kurikulum, kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam system pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan yang di angkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan data sebagai berikut: (a) penerapan Kurikulum pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren kebun baru kacok pamekasan meliputi (1) pelaksanaan Perencanaan Kurikulum pembelajaran (2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan yang telah dicanangkan dengan menitik beratkan pada penguasaan materi dan penguatan praktik (3) pelaksanaan evaluasi berkala meliputi tes lisan dan tulis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elfata

Publisher

Subject

Religion Education

Description

El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah merupakan Jurnal Ilmiah kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Pamekasan, sebagai media publikasi karya ilmiah kolaboratif antar Dosen, Mahasiswa atau Dosen dengan ...