Student Journal of Community Education
Volume 2 No. 1: Agustus 2022

Pemberdayaan Masyarakat Petani Melalui Gabungan Kelompok Tani Alhidayah

Selmiyati Aligeli (Universitas Negero Gorontalo)
Abd. Hamid Isa (Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad Zubaidi (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Hasil penelitian dan pembahasan yang peneliti lakukan tentang pemberdayaan masyarakat petani melalui Gapoktan Alhdayah di Desa Bulontala timur,Kecamatan Suwawa selatan, Kabupaten Bone Bolango. Sesuai dengan instrumen yang berdasarkan 3 indikaor yang terdiri dari Tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi kemampuan dan tahapan pengayaan. proses pemberdayaan petani melalui Gapoktan Alhidayah. Dengan adanya masyarakat, seperti pemuda putus sekolah yang ingin mengembangkan diri sebagai petani juga mendorong terbentuknya Gapoktan Alhidayah. Gapoktan Alhidayah ini juga dapat membantu masyarakat yang produktif tetapi tidak tergabung dalam program Gapoktan yang sudah di bentuk oleh pemerintah Desa Bulontala Timur. Adanya program ini petani-petani yang berasal dari Desa Bulontala Juga bisa ikut bergabung dengan petani yang ada di Desa Bulontala timur dalam Gapoktan sebab mereka juga bisa menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan dan berpengaruh pada penghasilan masyarakat desa, terutama Masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SJCE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and ...