PHENOMENON
Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon

SOSIO EMOSIONAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA MADRASAH ALIYAH

Hidayah, Malikhatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2014

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajarkimia dengan kondisi sosio emosional yang mencipkatan suatu kondisiyang belajar yang baik,efektif serta efisien: (1) antara siswa yang mengikutimodel pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran eksplorasi, elaborasi,konfirmasi (EEK), (2) terhadap pengaruh interaksi model pembelajarandengan gaya kognitif, (3) antara siswa yang mengikuti model pembelajaranberbasis masalah dan pembelajaran EEK pada siswa yang memilikigaya kognitif field independent, dan (4) antara siswa yang mengikuti modelpembelajaran berbasis masalah dan EEK pada siswa yang memiliki gayakognitif field dependent. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen denganrancangan faktorial 2x2 posttest only control group design. Subjek penelitianini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Walisongo Jepara tahun pelajaran2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik intakekelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan Anovadua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) perbedaan signifikan terhadapvariable prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa secarabersama-sama (F=2,944; p<0,05). Artinya, prestasi belajar kimia dankondisi sosio emosional siswa bersama-sama menunjukkan perbedaansignifikan antara model pembelajaran; (2) interaksi antara model pembelajarandan gaya kognitif secara bersama terhadap prestasi belajar kimia dankondisi sosio emosional siswa (F=47,456; p<0,05); (3) perbedaan signifikanvariabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia dan kondisisosio emosional siswa untuk siswa yang bergaya kognitif field independent(F=34,337; p<0,05); (4) perbedaan signifikan variabel model pembelajaranterhadap prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa untuksiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (F=17,912; p<0,05).

Copyrights © 2014