PHENOMENON
Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon

ANALISIS PENGETAHUAN CALON GURU KIMIA TENTANG PERALATAN LABORATORIUM DAN FUNGSINYA

Udaibah, Wirda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2014

Abstract

AbstrakPembelajaran IPA berkaitan erat dengan cara mencari tahu (inkuiri)tentang alam semesta secara sistematis, sehingga IPA bukan hanyapenguasaan pengetahuan berupa fakta, konsep atau prinsip saja, tetapimerupakan suatu proses penemuan. Hal tersebut diperoleh melalui kegiatanpraktikum. Namun, pelaksanaannya di lapangan memiliki beberapakelemahan antara lain rendahnya pengetahuan guru tentang peralatankimia dan fungsinya.Hasil penelitian ini menunjukkan calon guru kimia tidak dapat mengidentifikasiperalatan laboratorium dan mengetahui fungsinya secaratepat. Kesalahan mahasiswa dapat diidentifikasi menjadi 5 kategori. Pertama,sebagian mahasiswa mengetahui nama dan fungsinya namun tidakmengetahui gambar alat (tidak mengetahui wujudnya). Kedua, mengetahuinama tetapi tidak mengetahui fungsi dan gambar alat. Ketiga, tidakdapat menyebutkan nama dengan benar tetapi mengetahui fungsi dangambar alat. Keempat, mengetahui nama dan gambar tetapi tidak mengetahuifungsinya. Dan yang kelima, tidak mengetahui nama, fungsi maupungambar alat. Pengetahuan mahasiswa yang kurang dapat dipengaruhioleh jumlah peralatan dan bahan masih belum mancukupi, keterbatasanwaktu praktikum dan perlunya proses pendampingan dari dosen pengampupraktikum.Kata kunci: laboratorium, fungsi dan alat

Copyrights © 2014