PHENOMENON
Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon

ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU KIMIA (STUDI PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA TADRIS KIMIA)

Mulyatun, Mulyatun ( FITK IAIN Walisongo)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2014

Abstract

ABSTRAKPembekalan praktis kependidikan bagi mahasiswa calon guru diLPTK mutlak diperlukan untuk meningkatkan kompetensi calon guru ketikaterjun di dunia pendidikan. Pembekalan ini dapat dilakukan melaluiberbagai kegiatan, diantaranya melalui praktik pengajaran secara mikro(microteaching) maupun melalui praktik mengajar secara riil di sekolah(Praktik Pengalaman Lapangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar calon guru TadrisKimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo pada kegiatan Praktik PengalamanLapangan (PPL).Penelitian dilaksanakan di Program Studi Tadris Kimia Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo Semarang dengan melibatkan mahasiswa TadrisKimia yang mengambil mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan. Datadiperoleh dengan metode observasi pada kegiatan pembelajaran di kelasoleh mahasiswa calon guru Kimia. Delapan keterampilan dasar mengajarmahasiswa diamati dan dianalisis pada pelaksanaan Praktik PengalamanLapangan meliputi (1) Keterampilan bertanya, (2) Keterampilan memberipenguatan, (3) Keterampilan mengadakan variasi, (4) Keterampilanmenjelaskan, (5) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (6) Keterampilanmembimbing diskusi kelompok kecil, (7) Keterampilan mengelolakelas, (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.Delapan keterampilan dasar mengajar Mahasiswa Tadris Kimia padapelaksanaan PPL secara keseluruhan adalah baik dangan persentase penilaianmencapai 69,59%. Keterampilan dasar mengajar mahasiswa TadrisKimia yang paling menonjol adalah ketrampilan memberi penguatan(74,14%), sedangkan ketrampilan yang paling rendah adalah keterampilanmengadakan variasi (64,86%).Kata kunci : Ketrampilan Dasar Mengajar, Calon Guru Kimia.

Copyrights © 2014