PHENOMENON
Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon

APLIKASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK METODE INQUIRY BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN HUKUM-HUKUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN FLUIDA STATIS DAN DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK

Mahzum, Mahzum (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2014

Abstract

AbstrakTahun pelajaran 2013/2014 seluruh SMA dan SMK Negeri di Indonesiamulai mengimplementasi kurikulum 2013. Proses pembelajarankurikulum 2013 pada jenjang tersebut dilaksanakan dengan menerapkanpendekatan saintifik. Cakupan pendekatan saintifik ini meliputi tiga ranahyaitu pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penerapanpendekaan saintifik dirangkai dengan salah satu metode pembelajaranyaitu metode inquiry based learning atau problem based learning atauproject based learning. Penilaian hasil belajar dengan pendekatan saintifiktelah dipatok KKMnya sebesar 75 yang setara dengan 2,66 atau B-.Dari uraian tersebut penulis mencoba melakukan peneletian tindakankelas untuk mengetahui kegiatan aplikasi pendekatan pembelajaransaintifik metode inquiry based learning pada kompetensi dasar menerapkanhukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis,dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi dasar tersebutpada siswa kelas X TKBT2 SMK Negeri 3 Semarang tahun pelajaran2013/2014.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus pada pokokbahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukum Pascal,teganganpermukaan,viskositas dan hukum Stokes. Siklus pertama diberlakukanpada pokok bahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukumPascal. Siklus kedua diberlakukan pada pokok bahasan teganganpermukaan,viskositas dan hukum Stokes.Data hasil belajar diambil melalui observasi dan tes. Data observasiuntuk memperoleh nilai sikap dan nilai keterampilan, data tes untuk memperolehnilai pemahaman. Data dianalisis dengan menggunakan analisiskuantitaif dibantu program SPSS versi 17.0 dan dibantu dengan grafi.Pada siklus pertama rata-rata nilai ranah sikap 76,57 rata-rata nilai ranahketarmpilan 76,67 dan rata-rata nilai ranah pemahman 75,60. Sedangkanpada siklus kedua rata-rata nilai ranah sikap 80,56 ,rata-rata nilai ranahketerampilan 81,86, dan rata-rata ranah pemahaman 80,54.Kesimpulan bahwa kegiatan yang dirancang dalam aplikasi pembelajarandengan pendekatan saintifik metode inquiry based learning padakompetensi dasar menerapkan hukum-hukum yang berhubungan denganfluida statis dan dinamis sesuai dengan landasan teori, dan dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas X SMK.Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran saintifik metode inquirybased learning, kompetensi dasar menerapkan hukum-hukum yangberhubungan dengan fluida statis dan dinamis, hasil belajar siswa.

Copyrights © 2014