PHENOMENON
Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon

BTL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA

Rochim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar fisika materi cahaya melalui model pembelajaran Better Teaching andLearning (BTL) bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus Tahun Pelajaran2011/2012Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik kelasVIII G SMP 1 Kudus sejumlah 26 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan12 anak perempuan, dimana peneliti sebagai guru IPA (fisika) pada kelastersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan Maret 2012sampai bulan Juni 2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakankelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus 1 tindakan yang dilakukandengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerjaterbimbing sedangkan pada siklus 2 tindakan yang dilakukan denganmodel pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerja terbukadan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik melaluimodel pembelajaran BTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarfisika materi cahaya bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus padasemester 2 tahun 2011/2012. Peningkatan aktivitas belajar fisika sebesar49% dari kondisi awal 64 menjadi 94. Sedangkan Peningkatan hasil belajarfisika sebesar 22 % dari kondisi awal 72 menjadi 88.Kata Kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model PembelajaranBTL

Copyrights © 2014