AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa ujian akhir lebihdifokuskan pada aspek kelulusan dan pencitraan satuan pendidikan. Padahalsebagaimana tercantum dalam PP no.19 Tahun 2005, fungsi ujiannasional yang pertama adalah untuk pemetaan pendidikan dalam rangkapeningkatan kualitas pendidikan. Sayangnya pemetaan ini dapat dikatakanbelum dilakukan, khususnya untuk madrasah.Oleh karena itu rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian iniadalah bagaimana peta distribusi hasil ujian nasional 2013mata pelajaranmatematika untuk Madrasah Aliyahdi Kota Semarang berdasarkan dayaserap dari materi yang diujikan dengan memperhatikan faktor status dantingkat akreditasi madrasah. Penelitian dilakukan dengan metode survei.Data yang berupa hasil ujian nasional 2013Madrasah Aliyahse-KotaSemarang diambil dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisisdeskriptif kuantitatif, independent sample t test dan ANOVA.Kata Kunci: Pemetaan, Hasil UN Matematika tahun 2013, Madrasah
Copyrights © 2014