PHENOMENON
Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI KELISTRIKAN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA KIT

Sumaryatun, Sumaryatun ( FITK IAIN Walisongo)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas danhasil belajar fisika materi kelistrikan melalui pemanfaatan alat peraga KITbagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus pada semester1 tahun 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyekpeserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus sejumlah 33 anakterdiri dari 15 anak laki-laki dan 18 anak perempuan, dimana peneliti sebagaiguru IPA (fisika) pada kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan selama5 bulan dari bulan September 2012 sampai bulan Januari 2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas yang terdiri dari II siklus, masing-masing siklus terdiri dari4 tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I tindakan yang dilakukandengan memanfaatkan alat peraga KIT kelompok besar, sedangkan padasiklus II tindakan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat peraga KITkelompok kecil.Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik melaluipemanfaatan alat peraga KIT dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar fisika materi kelistrikan bagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri1 Kaliwungu Kudus pada semester 1 tahun 2012/2013. Peningkatan aktivitasbelajar fisika sebesar 48,5% dari kondisi awal 30,3% menjadi 66,7%pada siklus I dan 78,8% pada akhir siklus II. Sedangkan Peningkatan hasilbelajar fisika sebesar 39,16% dari kondisi awal 36,36% (tuntas KKM= 12,rata-rata= 64,85) menjadi 60,61% (tuntas KKM= 20, rata-rata= 71,51) padasiklus I dan 75,76% (tuntas KKM= 25, rata-rata= 74,85) pada akhir siklus II.Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Pemanfaatan alat peragaKIT.

Copyrights © 2014