PHENOMENON
Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA MELALUI METODE PERMAINAN WHO WANTS TO BE A SMART STUDENT PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 BANDUNGAN TAHUN 2013/2014

Riptyawati, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

AbstrakHasil refleksi awal pembelajaran IPA menunjukkan pencapaianketuntasan secara klasikal rendah yaitu 53,8%. Rendahnyahasil belajar siswa karena guru belum memanfaatkanmetode yang kreatif sehingga pelajaran menjadi membosankan.Rendahnya hasil belajar ini memacu guru untuk meningkatkankualitas proses pembelajaran dengan menggunakanmetode quis Who Wants to be A Smart Student. Tujuan penelitianini untuk meningkatkan hasil belajar konsep Sistem Koordinasidan Alat Indera melalui metode permainan Who Wantsto be A Smart Student. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelasIX F SMP Negeri 1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaranmodel permainan Who Wants to be A Smart Student berhasil apabila standarkompetensi yang diharapkan tercapai. Indikatornya adalah apabila 85 %siswa dapat mencapai hasil belajar dengan SKBM 70 %. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus1 hingga siklus 2.Peningkatan tersebut meliputi rerata hasil belajar dari73,4 pada siklus 1 menjadi 81,3 pada siklus 2, sehingga terjadi kenaikansebesar 7,9 poin. Ketuntasan belajara secara klasikal juga mengalami kenaikandari 65,4 % pada siklus 1 menjadi 88,5 % pada siklus 2, sehinggamengalami kenaikan sebesar 23,1 %. Aktifitas siswa mengalami kenaikansebesar 25 % dari siklus 1 sebesar 66,7 % menjadi 87,5 % pada siklus 2.64 Jurnal PHENOMENON, Volume 4 Nomor 2, Oktober 2014Eni RiptyawatiBerdasarkan hasil analis data di atas dapat disimpulkan bahwa metodepembelajaran dengan menggunakan permainan Who Wants to be A SmartStudent dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX F SMP Negeri1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Meningkatnya hasil belajarini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang telah memenuhistandar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan. Penggunaanmetode permainan Who Wants to be A Smart Student merupakansalah satu metode alternatif bagi guru dalam pembelajaranyang disarankan untuk digunakan pada kompetensidasar mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera danhubungannya dengan kesehatan.Kata Kunci : Hasil Belajar dan Permainan Who Wants to be A SmartStudent

Copyrights © 2014