PHENOMENON
Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KALOR DENGAN PROBLEM POSING BERPASANGAN KELAS VIIC SMP NEGERI 3 BAWEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sugito, Sugito (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

AbstrakAlat evaluasi berupa tes yang dibuat guru tidak selamanya dapatmengukur daya serap siswa kategori rendah prestasinya. Permasalahanyang timbul adalah bagaimana jika soal tes yang digunakan untuk evaluasidibuat oleh siswa (problem posing). Rumusan masalah dalam Penelitian ini:(1) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa materi kalor denganproblem posing kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012,(2) Seberapa besar peningkatan kualitas pertanyaan siswa materi kalordengan problem posing kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran2011/2012.Tujuan Penelitian ini untuk (1) menentukan besarnya peningkatanprestasi belajar siswa materi kalor dengan problem posing kelas VII SMPNegeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012, (2) b. Menentukan besarnyapeningkatan kulitas pertanyaan siswa materi kalor dengan problem posingkelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dirancangmelalui tiga siklus yaitu dengan prosedur : (1) perencanaan (Planning), (2)pelaksanaan tindakan (Acting), (3) pengamatan (Observing), (4) refleksidalam tiap-tiap siklus (reflecting).Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan problem posing dapatmeningkatkan prestasi belajar materi kalor siswa kelas VIIC tahun pelajaran2011/2012 sebesar 22,7% tetapi tidak dapat meningkatkan pertanyaanranah kognitif siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut direkomendasikanuntuk dilakukan penelitian lanjutan mengenai pembelajarandengan problem posing yang dapat meningkatkan pertanyaan produktifbagi siswa.Kata kunci: problem posing, berpasangan, kualitas pertanyaan,prestasi belajar.

Copyrights © 2014