Jurnal TEDC
Vol 16 No 1 (2022): JURNAL TEDC

GAME EDUKASI MENGENAL SEJARAH PANCASILA BERBASIS MOBILE

Diky Fermana (Politeknik TEDC Bandung)
Novita Lestari Anggreini (Unknown)
Ari Sudrajat (Unknown)
Ratna Rizky Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Dimasa pandemi ini sekolah SMP Darul Hikmah di anjurkan untuk melakukan pembelajaran di rumah atau secara daring (online), tujuannya agar siswa tidak berkumpul sehingga menimbulkan kerumunan di lingkungan sekolah, tetapi pembelajaran di rumah ini masih kurang efektif di karenakan pembelajaran yang berlangsung dalam bentuk pemberian tugas, dan hilangnya motivasi belajar siswa dikarenakan sudah terlalu lama belajar secara daring (online), oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran berbasis Game Edukasi agar para siswa tidak lagi merasa bosan dan termotivasi saat belajar di masa pandemi ini. Media pembelajaran berbasis Game Edukasi mengenal Sejarah Pancasila ini merupakan sebuah media alternatif untuk pembelajaran daring (online) di saat pandemi, media pembelajaran ini dibangun untuk membantu pembelajaran dan mengetahui pentingnya Sejarah Pancasila, Media pembelajaran ini dibuat menggunakan Adobe Illustrator dan Construct 2. Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) bahwa Game Edukasi mengenal Sejarah Pancasila mendapatkan hasil yang cukup baik dengan persentase 82,29%. Kata Kunci: game Edukasi, pandemi, Sejarah pancasila

Copyrights © 2022