THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SORONG KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Ida Fatmawati (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Suhartini Sumadi (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan mengabungkan dengan ide-ide dan pemahaman yang ada untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Berpikir kreatif memiliki 3 indikator yaitu kefasihan, fleksibilitas dan keluwesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong kelas IX dalam mengerjakan soal HOTS ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebagai tempat pelaksanaan penelitian dan kelas yang digunakan adalah kelas IX B. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data melalui teknik tes dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan (1)subjek siswa laki-laki memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (2)subjek siswa perempuan memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (3) Terdapat perbedaan pada ketercapaian indikator berpikir kreatif pada siswa laki-laki dan siswa perempuan. Ketiga siswa laki-laki mampu mencapai kefasihan sebesar 88,8% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai fleksibilitas sebesar 88,8% juga, siswa laki-laki mampu mencapai fleksibilitas sebesar 22,2% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai lebih tinggi yaitu 33,3%, dan siswa laki-laki mampu mencapai kebaruan sebesar 33,3% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai 11,1%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...