THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 1 No 2 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII

Anita Karolina Making (Unknown)
Suhartini Sumadi (Unknown)
Mukhlas Triono (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar matematika berdasarkan kecerdasan majemuk pada peserta didik kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa gambaran tentang minat peserta didik kelas VIII berdasarkan kecerdasan majemuk. Banyaknya subjek dalam penelitian ini adalah tiga kelompok, dengan perincian setiap subjek untuk masing-masing kategori domain interaktif, analitik, dan introspektif. Selanjutnya hasil tes kecerdasan majemuk tersebut dianalisis untuk mengetahui kecerdasan dominan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Setelah peneliti mengetahui kecerdasan yang dominan pada masing-masing peserta didik, kemudian dikelompokan berdasarkan jenis kecerdasan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes kecerdasan majemuk untuk melihat kecerdasan dominan yang dimiliki peserta didik, angket yang diberikan setelah subjek diperoleh untuk melihat minat dari subjek dan pedoman wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi, penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan interaktif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan analitik adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian subjek dalam mengikuti pembelajaran matematika. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan introspektif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...