Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masihrendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahterdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 KabupatenSorong yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learningdengan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model GuidedInquiry Learning. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen bentuk quasi experimentaldengan desain penelitian nonequivalent pretes-posttes kontrolgrup design. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan mengambil dua kelas sebagaisampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan terdiri dari kelas eksperimen I dankelas eksperimen II. Pengumpulan dalam penelitian ini melalui teknik tes dan lembarobservasi keterlaksanaan Pembelajaran. Untuk menganalisis data digunakan statistikdeskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan ujit pada taraf signifikan 0,05, dengan melihat perbedaan signifikan hasil belajar dari keduakelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Tidak terdapat perbedaansignifikan hasil belajar matematika antara peserta didik yang memperoleh pembelajarandengan model Problem Based Learning dan Guided Inquiry Learning siswa kelas VII SMPNegeri 11 Kabupaten Sorong. Diperoleh uji kesamaan rata-rata dengan bantuan softwarestatistic. Analisis data hasil uji t menunjukkanya itu ݐ௧௨ 1,295 < ݐ௧ 2,012dengandiperolehhasilsig. (2-tailed)adalah 0,202. Karena 0,202 > 0,05maka ܪditerima danܪଵ ditolak.
Copyrights © 2021