THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 3 No 1 (2022): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LOCAL WISDOM PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP/MTs

Yogi Indra Wijayanto (Unknown)
Suhartini Sumadi (Unknown)
Surya Putra Raharja (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan media pembelajaran e-comic berbasis local wisdom pada materi garis dan sudut yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs. N Kab. Sorong pada siswa kelas VII dengan sampel sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan berupa aplikasi e-comic math berbasis local wisdom pada materi garis dan sudut dinyatakan layak dan valid, dengan hasil rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,87, ahli materi sebesar 3,5 dan ahli bahasa sebesar 3,8. Penilaian uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,447 disimpulkan pada kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan dikategori efektivitas sedang, dengan nilai effect size sebesar 0,50, presentase sebesar 69%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...