Etika berkomunikasi dan berwirausaha cenderung berubah-ubah mengikuti kecanggihan teknologi, sehingga menjadikan peserta didik SMKN 4 Surabaya tidak hanya asal berkomunikasi, tetapi harus menguasai etika berkomunikasi dan berwirausaha. Kemampuan tersebut memungkinkan peserta didik siap bersaing ketika memasuki dunia usaha. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini memberikan edukasi berupa seminar yang menjelaskan tentang etika berkomunikasi dalam berwirausaha. Seminar ini untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang diperlukan oleh peserta didik, supaya mereka termotivasi merencanakan kegiatan usahanya dan tekun dalam mengembangkan usahanya. PkM pada peserta didik baru dalam bentuk edukasi ini dilakukan di SMKN 4 Surabaya, sehingga peserta didik baru dapat mengolah informasi terkait dengan melatih ketrampilan berkomunikasi. Hasil dari seminar ini adanya sifat dan karakter dalam bertanggung jawab, berkomitmen, berani mengambil resiko, dan berorientasi pada tindakan untuk meningkatkan ketrampilan berkomunikasinya dalam kewirausahaan.
Copyrights © 2022