re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management)
Vol. 1 No. 2 (2018)

KORELASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP BUDAYA TOLERANSI SISWA DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN TAHUN 2018

Nor Hasan (IAIN Madura)
Fifi Rahman (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Manajemen pendidikan yang berbasis multikultural menjadi sangat pentingkarena tanpa adanya manajemen, lembaga pendidikan akan sulit dalammelaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan maupun kependidikan sehinggaproses pencapaian tujuan pendidikan pun akan sulit untuk diperoleh. Sehinggaseorang kepala sekolah perlu betul-betul melakukan pengelolaan dan kebijakankebijakan yang baik dan sesuai dalam mengatur sistem pendidikan yang berbasismultikultural supaya proses kegiatan pendidikan dapat lebih terarah danmeminimalisir terjadinya kegagalan di dalam pendidikan. Pendidikan tidak sertamerta diberikan begitu saja kepada siswa akan tetapi pendidikan diberikanberdasarkan kebutuhan yang mampu mengembangkan pengetahuan,keterampilan dan sikap siswa dengan baik. Pendidikan yang dianggap mampumemberikan pemahaman dan pengimplementasian dari adanya keberagaman disuatu negara yaitu dengan pendidikan berbasis multikultural. Hal ini didasarkanpada konflik yang sering terjadi di kalangan siswa. Terkadang siswa sulit untuksaling toleransi terhadap sesama karena mereka merasa bahwa kebiasaan atautindakan seseorang berbeda dengan kebiasaan yang mereka lakukan dalamkehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

re-jiem

Publisher

Subject

Education Other

Description

re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) is a peer-reviewed journal on Islamic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published twice a year (June and December). The editors welcome scholars, researchers and ...