Al-Iqtishad : Jurnal Ekonomi
Vol 14, No 1 (2022): Al-Iqtishad

ANALISIS PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI HOTEL NOVENA WATAMPONE

AIDIL ADHA SYAM (Institut Agama Islam Negeri Bone)
AKSI HAMZAH (IAIN Bone)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan Corporate Social Responsibility terhadap keputusan pembelian konsumen di Hotel Novena Watampone. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen atau semua orang yang melakukan pembelian fasilitas kamar di Hotel Novena Watampone. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 317 responden. Cara pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Hotel Novena Watampone, dimana besar pengaruh pelaksanaan CSR yaitu sebesar 15,5% terhadap keputusan pembelian konsumen di Hotel Novena Watampone. Maka penting bagi perusahan terkait dalam hal ini yaitu Hotel Novena Watampone untuk memperhatikan pelaksanaan CSR sebagai peluang dalam menarik minat beli konsumen secara khusus dan kesejahteraan perusahaan secara umum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aliqtishad

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Al-IQTISHAD: Jurnal Ekonomi. Journal that published by Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. The journal will focus on providing quality research in the areas of Islamic economics, banking and finance. The goal of the journal is to cover topics that are paramount in modern Islamic economics and ...