Journal of Biology Science and Education
Vol. 8 No. 1 (2020): Januari - Juni

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Vertebrata Menggunakan Model Investigasi Kelompok Pada Kelas X IPA 3 MAN 1 PALU

Riska Afdalia (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Amiruddin Kasim (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Telah Dilakukan Penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Vertebrata dengan menggunakan model investigasi kelompok Pada Kelas X IPA 3 MAN 1 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang vertebrata di kelas X IPA 3 MAN 1 Palu. Tindakan Kelas (PTK), subjek pada penelitian ini adalah siswa di kelas X IPA 3 di MAN 1 Palu yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelajaran melalui model investigasi kelompok materi vertebrata diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 75,23%. dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%. Setelah melakukan pembelajaran melalui model investigasi kelompok pada materi vertebrata diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. hasil belajar siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 80% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar. 80,95% Sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 87,61% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 3 MAN 1 Palu.

Copyrights © 2020