Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 2, No. 1, April 2022

Gaya Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Jawa Tengah

Cyntia Tri Kristianti Kristianti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hartatik Yunani Krisdiah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rusnoto Rusnoto (Fakultas Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kudus)
Ahmad Nur Syafiq (Fakultas Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kudus)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang cukup penting untuk mengembangkan sumber daya manusianya. Pendidikan berfungsi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan akan diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Namun, pendidikan saat ini mengalami perubahan yang signifikan. Pandemi covid-19 membuat semua sektor di dunia harus mengalami perubahan dan berdaptasi dengan dunia digital. Begitu pula pendidikan, proses pembelajaran yang biasanya tatap muka mengharuskan guru dan siswa belajar dengan jarak jauh yang memanfaatkan media pembelajaran daring. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui gaya belajar peserta didik ketika sedang berada di pembelajaran masa pandemi saat ini yang dikenal dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melihat pola pembelajaran daring tentunya akan mempengaruhi gaya belajar siswa saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitin ini diperoleh bahwa gaya belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa di Jawa Tengah mendominasi menggunakan gaya belajar auditori sesuai dengan jumlah frekuensi dan persentase yang ada. 3 siswa dengan gaya belajar visual (3%), 6 siswa dengan gaya belajar auditori (6%), dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik (1%). Oleh karena itu, penulis menuliskan penelitian tentang gaya belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi covid-19 pada Siswa Menegah Pertaman (SMP). Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi acuan dan saran untuk guru dalam memberikan bahan dan media pembelajaran yang tepat dengan gaya belajar ketika pendemi berlangsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...