Journal of Bionursing
Vol 3 No 3 (2021): Journal of Bionursing

Gambaran Stimulasi Elektrik Akupresur Terhadap Nyeri Punggung (Low Back Pain) pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas 1 Kecamatan Sokaraja.

Galih Noor Alivian (Universitas Jenderal Soedirman)
Sidik Awaludin (Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman)
Eva Rahayu (Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Pendahuluan: LBP (low back pain) merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para lansia. Selain itu masalah-masalah pada lansia antara lain, mudah jatuh, mudah lelah, kekacauan mental akut, nyeri dada, sesak nafas pada waktu melakukan kerja fisik, berdeba-debar, pembengkakan kaki bagian bawah, nyeri punggung bawah atau pinggang, dan nyeri pada sendi pinggul. Akupresur digunakan untuk mengurangi tingkat nyeri yang terjadi, akupresur terletak di seluruh tubuh dekat dengan permukaan kulit dan terhubung satu sama lain melalui jaringan yang komplek dari meridian. Setiap titik-titik akupresur mempunyai efek khusus pada sistem tubuh, atau organ tertentu. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh stimulasi elektrik akupresur terhadap nyeri punggung (low back pain). Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment: non-randomized pre-test post-test control group design dengan rencana jumlah sampel kelompok intervensi terdiri dari 30 orang diberikan stimulasi elektrik akupresur dan kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Pelaksanaan penelitian di wilayah kerja Puseksmas I Sokaraja Kabupaten Banyumas Desa Pamijen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tingkat nyeri sebelum dan sesudah intervensi. Uji statistik yang digunakan adalah paired t test. Hasil: Dari data deskriptif yang diperoleh, terapi stimulasi elektrik akupresure efektif dalam menurunkan nyeri punggung (low back pain) pada lansia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bionursing

Publisher

Subject

Religion Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Nursing Public Health

Description

The Journal of Bionursing is an open access journal which provides forum to publish scientific works on Nursing and health Sciences (pISSN: 2684-7833, eISSN: 2685-6484). This Journal was established in 2019 and developed by Department of Nursing, Faculty of health Sciences, Jenderal Soedirman ...