Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat perangkat lunak penunjang proses belajar membaca, menulis dan mengenal huruf hijaiyah Al-Qur’an yang dapat memberikan kemudahan kepada anak-anak usia prasekolah untuk memahami cara membaca Al-Qur’an yang benar disertai dengan kaidah-kaidah yang ada sehingga mengurangi resiko terjadinya kesalahan dalam pembacaannya, (2) Membantu anak-anak untuk bisa memahami dasar-dasar dalam membaca, menulis dan mengenal huruf hijaiyah Al-Qur’an secara mandiri, (3) Mengenalkan anak-anak pada teknologi sejak dini. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Siklus Hidup Pengembangan Sistem yang disebut SHPS. SHPS adalah pendekatan melalui beberapa tahap untuk menganalisis dan merancang sistem yang mana sistem tersebut telah dikembangkan dengan baik melalui penggunaan siklus kegiatan penganalisis dan pemakai secara spesifik. Sedangkan konsep belajar menggunakan metode ummi. Hasil penelitian ini adalah sebuah perangkat lunak (software) baru tentang media pembelajaran Al-Qur’an. Perangkat lunak tersebut dapat menjadi media alternatif lain dalam memperoleh suatu materi pembelajaran Al-Qur’an bagi anak usia prasekolah atau para pemula. Dari hasil kuestioner yang diberikan kepada responden dalam melakukan ujicoba pada perangkat lunak tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan pada perangkat lunak pembelajaran tersebut memberikan hasil yang sangat baik, hal ini terlihat dari nilai persentase akhir sebesar 85,13% setelah dilakukannya ujicoba oleh responden.
Copyrights © 2013