Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh Inovasi produk, Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha di tengah Pandemi Covid-19 (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif, dengan alat analisis data menggunakan analisis GeSCA (Generalyzed Structured Component Analysis). Target khusus penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong dalam mengembangkan usahanya. Tujuan jangka panjang hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi instansi terkait Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong dalam melakukan pembinaan, pelatihan dan bantuan yang dapat dilakukan agar UMKM di Tabalong dapat berkembang dan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh inovasi produk terhadap perkembangan usaha di tengah Pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong; 2) Tidak terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap perkembangan usaha di tengah Pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong; 3) Besarnya pengaruh inovasi produk dan teknologi informasi terhadap Perkembangan Usaha pada UMKM bidang kuliner di Kabupaten Tabalong adalah sebesar 59,8%, sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar dari variabel yang diuji. Kata Kunci : Inovasi produk, Bisnis digital, E-commerce, UMKM digital, Teknologi Informasi, Perkembangan usaha, Covid-19
Copyrights © 2022