Pemerintah desa harus memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kinerja terutama dalam setiap melakukan pelayanan kepada masyarakat. Namun dalam kenyataannya pemerintah desa belum dapat mewujudkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik, beserta identifikasi faktor penghambat yang mempengaruhi penyelenggaraan pelayanan publik. Jenis dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada informan kunci. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik cukup baik. Namun masih terdapat beberapa indikator yang hasilnya belum sesuai sehingga menjadi faktor penghambat, seperti masih belum adanya inovasi pelayanan, masih ada beberapa kebutuhan masyarakat yang sulit untuk dikenali oleh pemerintah desa, serta belum adanya sarana dan penanganan terkait pengaduan, saran dan masukan.
Copyrights © 2022