Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

MEDIA BALOK ANGKA MONTESSORI UNTUK ASPEK KOGNITIF DALAM BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK

Natalia Rosalina Rawa (Unknown)
Marsianus Meka (STKIP Citra Bakti)
Maria Goreti Noa (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media balok angka yang praktis untuk meningkatkan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development), yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Analisis data dengan pendekatan deskrpitif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan media balok angka menunjukkan bahwa media balok angka yang digunakan untuk aspek kognitif dalam berpikir simbolik ini dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi dan diujikan. Validasi materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian oleh media mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid”, penilaian oleh ahli desain pembelajaran mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid” serta uji coba pada anak kelompok B TKK St. Skolastika Mataia sebagai pengguna produk dengan skor 100% untuk uji coba perorangan dengan kategori “sangat valid: dan uji coba kelompok kecil skor 100% dengan kategori “sangat valid”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan ...