Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

Juliandi Siregar, Sutri Novika, Rina Monika Dewi (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian yang dilaksanakan selama satu tahun ini memiliki populasi 216 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Deli Tua. Sampel penelitian di ambil dua kelas dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 30 soal. Lalu dilakukan analisis data dengan tehnik menghitung rata-rata skor, standar deviasi (simpangan baku), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dengan variasi pembelajaran fisika menggunakan model demonstrasi memberikan perubahan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Skor rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajarkan model demonstrasi dengan menggunakan macromedia flash lebih baik dari pada skor rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai thitung > ttabel (5,37 > 1,671).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan ...