Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2022): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DAN KARAKTER PELAJAR ANAK BANGSA PADA PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM)

Nurlaili, Horia Siregar (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Literasi digital merupakan ketertarikan sikap dan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dan produktif. Literasi digital juga bisa meningkatkan karakter pelajar anak bangsa dengan memberikan pembelajaran secara aktif sesuai dengan kemajuan teknologi. Salah satu program Kemendikbud adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kampus Merdeka, dimana program ini tentang pertukaran antar pelajar dari berbagai perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi yang dibawah naungan kemendikbud bisa mendaftarkan perguruan tingginya masing- masng untuk di pilih oleh mahasiswa dan menyediakan mata kuliah yang bisa dipilih oleh mahasiswa di kampus tujuannya. Dan proses pembelajaran pada program PMM ini dilakukan secara daring (online) dan tatap muka (luring). Tujuan penelitian ini adalah literasi digital mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa inggris dan juga literasi digital bisa mampu meningkatnya karakter pelajar anak bangsa menjadi lebih efektif dan produktif. Metode yang dilakukan adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Dan subjek penelitian ini sebanyak 10 orang mahasiswa pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan I Kampus Merdeka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan ...