SI-MEN (AKUNTANSI & MANAJEMEN) STIES
Vol 4 No 1 (2014): Journal Si-Men

ANALISIS PENATAUSAHAAN BARANG MILIK NEGARA GUNA MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SABANG ACEH)

Zarjani M Banta (STIE Sabang Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penataausahaan barang milik Negara guna meningkatkan kualtas laporan keuangan pemerintah (Studi pada Kementerian Agama Kota Sabang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif . Sampel penelitian ini menggunakan pegawai dilingkungan Kementerian Agama Kota Sabang sebanyak 24 orang responden. Analisa data menggunakan uji one sampel (t-test) dengan bantu alat analisis SPSS 17, yang selanjutnya dirumuskan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penatausahaan barang milik Negara pada Kementerian Agama Kota Sabang telah berjalan relative baik. Namun penatausahaan tersebut belum optimal. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-16.623< 1.71387), dengan rata-rata (mean) pelaksanaan penatausahaan barang milk negara sebesar 71,61 %. Jadi penatausahaan barang milik negara pada Kementerian Agama Kota Sabang masih perlu ditingkatkan, guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

simen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini fokus menerbitkan artikel dalam bidang kajian Akuntansi dan Manajemen. Adapun skop artikel ilmiah yang diterima adalah sebagai berikut : Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Auditing, Perpajakan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Stratejik, Manajemen ...