Usaha mikro memiliki peranan yang sangat vital di Indonesia saat ini terutama sebagai pendapatan asli daerah serta pendorong perekonomian di Indonesia. Sebagai salah satu alternative dalam pengembangan usaha mikro adalah dengan adanya penerapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pelaku usaha mikro dalam rangka mendukung pengembangan usaha mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pengembangan usaha mikro Metode penelitian dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dimana hasil dari penelitian ini merupakan hasil dari fenomena yang terjadi disekitar kita dengan memperoleh data apa adanya. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan Adapun hasil dari penelitian ini adalah pendanaan yang dilakukan oleh persero dalam rangka memberikan pembiayaan CSR kepada usaha mikro sangat memberikan kesan positif dalam mengurangi permsalahan pembiayaan bagi usaha mikro pada khususnya. Sehingga dengan adanya pendanaan CSR ini maka usaha mikro dapat meningkatkan kembali kapasitas usaha yang semula hanya bersifat informal dapat menjadi formal.
Copyrights © 2020