JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 19, No 2 (2013)

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Mukhtar . (Unknown)
Muliawan Firdaus (Unknown)
Mulyono . (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2013

Abstract

Abstract Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika masih kurang memuaskan dan orientasi pembelajaran matematika yang dilaksanakan selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya, sehingga siswa kurang mampu dalam bernalar dan memahami konsep matematika serta kurang mampu dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dikembangkan sebuah model pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proses pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Hal ini memerlukan perangkat-perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang terkait. Untuk itu dikembangkan model bahan ajar dan model penilaian serta instrumen kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model yang dikembangkan. Untuk mendapatkan model yang valid, dilakukan kegiatan validasi terhadap buku model, perangkat-perangkat pembelajaran, dan instrumen penelitian yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematika siswa SMA yang valid ditinjau dari rasional teoritis dan konsistensi di antara komponen-komponen model. Hasil penelitian yang dicapai adalah diperolehnya draft model pembelajaran, draft model bahan ajar, dan draft model penilaian yang valid berdasarkan validasi isi dan validasi konstruk oleh para ahli pembelajaran sehingga secara teoritis dapat diterapkan di kelas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...