Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah fisika umum melalui penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 mahasiswa yang mengambil matakuliah fisika umum di Prodi pendidikan fisika jurusan fisika, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas negeri medan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) serta instrumen tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar mahasiswa yang diberikan sebelum diberikan perlakukan (pretest) dan setelah diberikan perlakukan (posttest) untuk setiap satu siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis efektifitas N-Gain. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0.66. berdasarkan kriteria, penerapan model pembelajaran inquiry cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah fisika umum
Copyrights © 2019