Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 3, No 1 (2022): April 2022

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING

Nurul Apsari (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Nanga Pinoh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas visual sebesar 40,54%, pada siklus II sebesar 72,97% dan pada siklus III sebesar 100%. Aktivitas motorik pada siklus I sebesar 78,38%, pada siklus II sebesar 94,59% dan pada siklus III 100%. Aktivitas oral siswa pada siklus I (18,92%), pada siklus II (35,14%) dan pada siklus III (40,54%). Aktivitas menulis siswa pada siklus I sebesar 45,95%, pada siklus II sebesar 78,38% dan pada siklus III sebesar 91,89%. Aktivitas siswa dalam mendengarkan pada siklus I sebesar 5,41%, pada siklus II sebesar 18,92% dan pada siklus III sebesar 21,62%. Aktivitas drawing siswa pada siklus I sebesar 8,11%, pada siklus II sebesar 13,51% dan pada siklus III sebesar 21,62%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 54,05%, pada siklus II sebesar 59,45% dan pada siklus III sebesar 75,68%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBPK

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan dan permasalahan pendidikan dan kebudayaan. Peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat mengirimkan naskah kepada kami sesuai dengan Pedoman ...