LEBAH
Vol. 14 No. 1 (2020): September: Pengabdian

Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah

Siti Nuriyah Nurhadi (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien)
Suhartinis (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien)
Imam Tabroni (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha penanaman nilai-nilai sosial dalam diri siswa. Artinya, nilai-nilai itu harus dialami dan dipilih secara bebas oleh siswa untuk kemudian dihayati dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga menjadi karakter dan identitas bagi diri mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi/penerapan pendidikan karakter di MI As-sakinah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa implementasi pendidikan karakter di MI As-sakinah kabupaten purwakarta berpedoman pada kegiatan pembelajaran dan pembiasaan sehari-hari. Pembiasaan yang diterapkan adalah seperti pembiasaan berdo’a bersama, shalat dhuha, pembacaan asmaulhusna, membaca daan menghafal surat-surat pendek, pemeriksaan kelengkapan atribut sebagai implementasi dari ketertiban dan kerapihan siswa, lalu pembiasaan lainnya yaitu siswa tidak boleh membawa makanan yang berkemasan guna menerapkan kepedulian terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan diharuskan untuk selalu membawa bekal dari rumah ke sekolah. Untuk mencapai keberhasilan pendidikan karakter tersebut didalamnya sangat dibutuhkan peran dari beberapa pihak, yaitu sosok guru, orang tua/keluarga dan seluruh civitas yang ada di sekolah.

Copyrights © 2020