LEBAH
Vol. 13 No. 2 (2020): Maret: pengabdian

Metode pembelajaran kitab kuning di pesantren al-azhar

Ilan Ilyas S (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
M. Lutfi Yasin Faujan (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Imam Tabroni (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan non formal yang memiliki pengaruh besar dalam mencerdaskan anak bangsa, dalam menjalankan pendidikan di Pesantren diperlukan metode- metode pembelajaran untuk memahami kitab klasik (kitab kuning), supaya mempermudah penyampaian materi kepada santri. Desain penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa metode pembelajaran kitab kuning yang digunakan di pesantren Al – Azhar diantaranya, yaitu metode balagan, metode sorogan, metode bahtsul masail, metode hafalan dan metode lalaran, dari semua metode tersebut metode pembelajaran yang paling efektif yaitu metode sorogan.

Copyrights © 2020