LEBAH
Vol. 13 No. 2 (2020): Maret: pengabdian

Upaya guru pendidikan agama islam dalam membentuk sikap religius siswa di dta al-idrus

Ananda Bunga M. D. N. (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Ridha Nurjannah (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Ghina Agniya S. (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Imam Tabroni (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Rusaknya moral dan etika di kalangan remaja menjadi sebuah masalah besar dalam dunia pendidikan. Sehingga penanaman nilai religius merupakan salah satu upayan yang harus dilakukan oleh seorang pendidik sebagai suatu cara atau proses menanamkan nilai yang bersumber dari ajaran agama Islam yang dianut seseorang yang di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang pada dasarnya memiliki tujuan yakni agar seseorang maupun siswa dalam kehidupan sehari-harinya tidak terlepas dari pengalaman agama, berahlak mulia, berkeperibadian luhur dan berwatak sesuai ajaran Islam. Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah adalah segala aktivitas sehari-hari, perbuatan maupun perkataan yang di dasarkan pada nilai-nilai serta norma agama Islam yang berpangkal pada ajaran-ajaran Islam maupun bentuk segala kegiatan yang terencana dan terkendali berhubungan dengan usaha untuk menanamkan bahkan menyebarluaskan nilai-nilai keagamaan dalam tahap pelaksanaanya dapat dilakukan orang perorangan atau kelompok di lingkungan sekolah. Pentingnya penelitian ini mengetahui dan menganalisis Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam di tingkat pendidikan awal (DTA) dalam membentuk sikap religius siswa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni penulis melihat secara langsung kejadian yang ada di lapangan, dimana penulis mnggambarkan upaya guru pendidikan agama islam dalam membentuk sikap religius siswa. Dalam penelitian kualitatif deskriptif data yang diambil oleh peneliti berupa fakta-fakta, catatan-catatan yang benar-benar terjadi di tempat penelitian. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah upaya guru penddikan agama Islam di DTA. Al-Idrus dalam membentuk sikap religius siswa/i dengan metode pembelajaran akhlak melalui pendidikan secara langsung, pendidikan secara tidak langsung, dan mengambil manfaat dan kecendrungan dan pembawaan anak-anak dalam rangka pendidikan akhlak.

Copyrights © 2020