LEBAH
Vol. 15 No. 2 (2022): Maret: pengabdian

Memperbaiki akhlak santri di pondok pesantren al asy’ariyah

Anissa (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Siti Nurfazriah (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)
Imam Tabroni (STAI DR. KHEZ. Muttaqien)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren yaitu: (1) Santri dan Santriwati yang kurang memiliki akhlak yang baik terhadap guru, (2) Kebiasaan yang kurang baik saat melaksanakan kegiatan di Pondok Pesantren, (3) Kurangnya pengetahuan dalam melaksakan pendidikan budi pekerti yang di terapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif untuk lebih menggali inti dalam permasalahan penelitian dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara dan mengamati. Teori yang menjadi rujukan dalam penelitian ini diantaranya teori pengelolaan Lembaga pondok pesantren, dan konsep Pendidikan di luar sekolah. Hasil penelitian adalah (1) dari 50% santri, 51% santri memiliki kejujuran yang baik, 52% memiliki tingkat kedisplinan yang tinggi, 31% santri yang memiliki kemandirian, 48% Kesopanan, 45% tanggung jawab. (2) upaya pondok pesantren dalam menciptakan system pembelajaran dalam membentuk akhlak dan kebiasaan. (3) faktor penghambat dalam proses Pendidikan akhlak diantaranya ola asuh yang diajarkan rumahnya dengan pola asuh yang di terapkan di pondok pesantren belum Singkron sehingga perlu penyamaan persepsi anatara orang tua dan pengajar di pondok pesantren.

Copyrights © 2022