Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia (JABEI)
Vol. 1 No. 1 (2022): JABEI

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Megawati Nawara Putri (Politeknik Negeri Padang)
Gustati (Politeknik Negeri Padang)
Wiwik Andriani (Politeknik Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Laporan keuangan adalah komponen yang penting dalam sebuah perusahaan karena merupakan sarana komunikasi antara perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan kelangsungan usaha sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, leverage, dan kualitas audit terhadap integritas laporan keuangan. Integritas laporan keuangan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan indeks konservatisme. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian asosiatif (hubungan). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi (consumer goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan kepemilikan manajerial dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jabei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JABEI diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang sebagai sarana publikasi hasil penelitian bidang Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ilmiah ini diterbitkan dua kali setiap tahunnya yaitu bulan Februari dan ...